Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara masuk ke Advanced Boot Options di Windows 10 dan 8/8.1

Tips, trik, cara dan langkah langkah mengakses Advanced Boot Options di laptop, pc atau komputer yang bersistem operasi windows, baik itu windows 10 dan 8/8.1 - Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya Advanced Boot Options dapat dengan mudah diakses di windows 7 dan dibawahnya seperti XP hanya dengan menekan tombol F8 di keyboard ketika laptop atau perangkat anda tersebut sedang dalam proses booting saat dinyalakan atau dalam keadaan restart. Nah, untuk pada windows 8, 8.1 dan 10 tidaklah semudah demikian karena Advanced Boot Options memiliki trik atau langkah langkah khusus. Entah apa alasan varian windows tersebut menghilangkannya, mungkin untuk masalah keamanan karena tidak mau penggunanya menggunakan fitur tersebut secara tidak sengaja yang membuat rugi pemakainya yang pemula tersebut.

Sebenarnya untuk dapat masuk ke Advanced Boot Options tersebut sangatlah mudah untuk windows 10 dan 8/8.1. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengaksesnya, misalkan saja melalui tool yang multifungsi yaitu CMD atau command prompt. Dan cara caranya tidak susah susah amat kok sehingga walau pun anda seorang yang masih pemula dalam pengoperasian komputer atau laptop pun bisa dengan cepat masuk ke Advanced Boot Options melalui cara cara yang saya berikan. Selain menggunakan CMD, tool yang multifungsi tersebut, admin AmalanKomputer pun menyediakan beberapa cara lain yang mudah juga agar anda bisa mencoba satu per satu dan dapat menentukan cara mana yang cepat dan mudah diingat menurut anda yang nantinya dapat dipakai di suatu hari nanti. Ok, untuk anda yang sudah penasaran terhadap cara caranya, silahkan simak penjelasan singkat dari admin dibawah ini.

1. Cara buka Advanced Boot Options pakai CMD


Cara Pertama, menggunakan CMD atau Command Prompt. Yang pertama kali anda lakukan adalah membuka cmd tersebut, terserah menggunakan moda apa (bisa mode biasa atau pun run as administrator). Jika sudah terbuka, silahkan ketikkan perintah shutdown.exe /r /o di cmd tersebut lalu tekan enter untuk mengeksekusi perintahnya. Nanti ada keterangan You're about to be sign out. Klik saja button Close atau tekan tombol Enter. Nah, pc atau akan memproses sign out untuk user account yang sedang anda gunakan. Sesudah proses sign out tersebut, anda akan dibawa ke layar yang berwarna biru langit dengan nama laman Choose an option dimana kita dapat mulai masuk ke Advanced Boot Options. Stop sampai disini, lihat dilangkah Inti paragraf Langkah Lanjutan.

2. Cara masuk Advanced Boot Options via PC Settings


Cara kedua, Melalui PC Settings. Sehingganya, hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan membuka PC settings di laptop anda dengan melakukan pencarian terhadap fitur tersebut di kotak search. Coba masuk ke menu Update and Recovery, lalu ke Recovery. Di laman Recovery tersebut, anda perhatikan di area agak bawah yaitu Advanced startup. Anda klik saja button Restart now sehingga anda akan melakukan sign out otomatis. Setelah sign out tersebut, anda pun akan dibawa ke laman Choose an Option seperti pada langkah pertama. Stop sampai disini, lihat dilangkah inti pada paragraf Langkah Lanjutan.

3. Cara akses Advanced Boot Options pakai tombol keyboard


Cara ketiga, shift + restart. Nah, cara ini saya rasa yang paling mudah dan cepat untuk anda ikuti karena hanya beberapa langkah. Hal yang pertama kali anda lakukan adalah dengan masuk ke start lalu klik saja icon power yang ada disana. Nah, disini sedikit trickly yaitu ketika anda memilih Restart, maka saat mengklik restart tersebut anda tekan juga tombol Shift di keyboard perangkat anda sehingga akan ada bunyi sedikit nyaring yang keluar dari speaker laptop perangkat anda. Saat itu juga anda akan sign out atau keluar dari user account milik anda dan membawa anda ke laman Choose an Option. Stop sampai disini, ikuti langkah lanjutan dibawah.

Langkah Lanjutan, ini merupakan langkah inti kita. Oke, sekarang saya sudah menganggap anda sudah berada di laman Choose an Option dengan menggunakan salah satu cara dari ketiga cara yang saya sebutkan diatas. Di laman tersebut, anda bisa menggunakan tombol atas/bawah dan kiri/kanan untuk memindahkan pilihan dan tombol Enter untuk mengklik atau masuk ke pilihan tersebut. Nah, silahkan pilih dan klik pilihan Troubleshoot lalu masuk ke Advanced Options dan terakhir ke Startup Settings. Saat anda masuk ke laman Startup Settings tersebut anda bisa membaca keterangan fitur apa saja yang bisa anda lakukan disana, klik saja button Restart atau tekan tombol Enter sehingga perangkat anda akan restart.
Saat restart singkat selesai, anda dapat melihat fitur fitur atau dari Advanced Boot Options tersebut. Anda dapat memilih salah satunya dengan menekan tombol F1 hingga F9. Misalkan kita ingin masuk ke Safe Mode yang ada di urutan ke 4, maka yang kita tekan adalah tombol F4 dan secara otomatis perangkat anda akan restart kembali dan langsung masuk ke safe mode atau pilihan yang anda buat dan melanjutkan pengaturan yang ingin kita lakukan. Bagaimana?? sangatlah mudah bukan untuk mencoba masuk ke Advanced Boot Options? Jika kalian para pembaca memiliki trik masuk Advanced Boot Options yang belum sempat admin AmalanKomputer, silahkan berikan di kolom komentar agar admin dapat mengupdatenya dengan trik dari anda. Sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat. Sekian...
Tag :

Fitur

1 Komentar untuk "Cara masuk ke Advanced Boot Options di Windows 10 dan 8/8.1"

Bro cara masuk yang lain dong,laptop ane erorr neh,gag bisa masuk ke booting cuma tampil logo acer doang n gag ada loading.sebelumnya ada tampailan.
Your pc ran into problem we'll restart for you ,nah disitu malah restart dan mucul logo acer doang. Stopcodes:thread exception not handled what is file netwtw04.sys
Tolong bro lagi dirumahkan n neh penting bgt laptop buat belajar belajar .

Back To Top