Tips, Trik, Tutorial dan Cara Komputer, PC, Laptop dan Notebook Windows, Linux dan MAC OS.

Cara Agar Login di Windows 10 menggunakan Sidik Jari/Fingerprint

Tips dan trik agar supaya masuk ke akun windows menggunakan sidik jari di laptop, pc atau komputer windows 10 - Lazimnya, semua varian sistem operasi windows baik itu windows 10, windows 8/8.1 dan Windows 7 dan XP bisa disetting setiap user accountnya diberikan pengaman berupa password dengan kombinasi huruf, angka dan simbol. Namun pada varian windows yang terakhir ini, tambahan fitur keamanan pun yaitu fingerprint menjadi kebanggaan tersendiri bagi windows dalam memperbaiki sistem keamanan login OS terbaru mereka. Jadi selain menggunakan keamanan sandi atau password yang berisi angka, huruf dan simbol atau karakter gabungan dari ketiganya, kita juga dapat memproteksi login user akun kita menggunakan sidik jari. Wah,,, kayaknya keren bukan menggunakan sistem login sidik jari ini? Keamanannya dapat saya katakan sangat baik dibandingkan dengan kombinasi karakter sandi terdahulu.

Mengapa saya katakan keamanannya sangat baik? pasalnya untuk dapat masuk ke akun windows, kita diwajibkan untuk memberikan sidik jari untuk di scan oleh laptop lalu memberikan hak akses ke akun kita. Jika sidik jari tidak sesuai dengan pembuat, bagaimana pun caranya tidak bisa masuk sebelum ada kesesuaian dengan sidik jari pembuat. Jadi mau tidak mau, untuk membukanya diperlukan jari anda sebagai pemilik laptop atau akun yang sah untuk deteksi sidik jari. Disini letak keunggulannya yaitu user account anda tidak bisa dimasuki oleh orang lain (berbedan dengan sandi/password biasa yang bisa saja diketahui oleh seseorang lalu me-login menggunakan password tersebut) karena disetiap orang di seluruh dunia ini tidak ada yang memiliki pola sidik jari yang sama. Disamping kelebihannya, ada pula kelemahan yang bisa saja anda alami terhadap sistem fingerprint ini.

Kelemahan dari proteksi fingerprint ini misalkan jari anda yang digunakan untuk proteksi mengalami kerusakan seperti luka atau terkelupas, maka ketika anda mencoba masuk menggunakan sidik jari dari jari tersebut, maka sistem akan tidak bisa membaca sidik jari. Terbaca namun pola sidik jarinya berbeda karena ada kerusakan pola sidik jari. Jadi mau tidak mau, anda tidak bisa login ke akun tersebut hingga menunggu jari anda kembali baik seperti semula yaitu tanpa luka atau terkelupas. Jadi saran saya, jagalah jari anda dengan baik dan hati hati (siapa juga sih yang ingin jarinya rusak). Nah, mungkin anda sudah cukup penasaran terhadap langkah langkah proteksi user account laptop kita menggunakan Fingerprint. Dibawah ini telah saya berikan langkah langkah singkat mengenai tutorial tersebut. Silahkan simak secara teliti.

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah masuk ke Windows Hello dengan cara klik Start (icon jendela) disudut kiri bawah laptop agan atau tekan saja keyboard Windows lalu pilih Settings > Account lalu ke Sign-in Options. Silahkan anda scroll kebawah hingga menemukan Windows Hello yang kita tuju. Masuk ke fitur tersebut. Langkah kedua adalah memberi PIN di laptop kita. Jika anda belum menyetel PIN laptop, silahkan anda buat PIN terlebih dahulu dengan cara klik button Add di menu PIN dan masukkan PIN yang anda inginkan. Adapun PIN yang anda buat adalah angka saja dan tidak menerima huruf. Jika anda sudah pernah membuat PIN di user account tersebut, ingat nomor PINnya dan langsung lanjut ke langkah ketiga.

Langkah ketiga adalah button Setup yang berada tepat dibawah tulisan Fingerprint. Akan muncul jendela Windows Hello beserta penjelasannya. Jika anda rasa perlu, baca petunjuk ringkas yang diperlihatkan. Jika tidak, klik saja Get Started untuk memulai pengaturan. Nah, disini anda dimintai nomor PIN yang anda buat barusan. Nah, selanjutnya anda dimintai buat deteksi sidik jari anda dimana anda harus meletakkan jari yang anda inginkan diatas sensor fingerprint. Anda bebas menggunakan jari mana saja namun saya sarankan menggunakan jari yang kiranya jarang terluka dan saat itu tidak ada kerusakan apapun pada kulit jarinya. Nah, gerakkan jari anda dari atas ke bawah sesuai dengan petunjuk animasi yang diperlihatkan. Ulangi beberapa kali hingga ada pemberitahuan bahwa identifikasi yang anda lakukan telah berhasil.



Jika berhasil, akan ada pemberitahuan All set! Use your fingerprint the next time you want to unlock your device...... dst. Jika anda ingin menggunakan jari yang lain, silahkan klik button Add another. Atau jika telah selesai, klik button Close. Nah, sekarang fingerprint yang anda buat telah selesai dan telah aktif. Silahkan logout dari user account anda atau merestart laptop anda lalu masuk kembali dengan menggunakan Fingerprint yang anda buat tadi. Gunakan jari yang anda scan sidik jari tadi untuk scanning login tersebut. Kini laptop anda sudah terproteksi dengan keamanan fingerprint! Selamat! Nah, sampai disini dulu artikel singkat yang saya bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Jika masih bingung terhadap artikel Cara Agar Login di Windows 10 menggunakan Sidik Jari/Fingerprint, silahkan bertanya di kolom komentar. Sekian...
Tag :

Tips

0 Komentar untuk "Cara Agar Login di Windows 10 menggunakan Sidik Jari/Fingerprint"

Back To Top